SEMINAR PENELITIAN GURU/KEPALA SEKOLAH KABUPATEN JEMBRANA TAHUN 2022



Salam Bahagia,
Guru wajib melaksanakan kegiatan pengembangan profesi. Pengembangan profesi guru dilaksanakan melalui kegiatan pengembangan diri, publikasi ilmiah dan karya inovatif. Salah satu bentuk karya publikasi ilmiah adalah Laporan Hasil Penelitian Tindakan Kelas. Laporan ini ditulis setelah guru melaksanakan penelitian. 

Hal ini sudah dijelaskan secara rinci pada Buku 4 edisi 2016 PKB Guru Pembelajaran menyatakan bahwa Laporan PTK guru bisa digunakan sebagai karya pengembangan profesi yang dipehitungkan angka kreditnya setelah dipublikasikan. Publikasi laporan PTK dilaksanakan melalui seminar. Seminar Laporan PTK guru bisa dilaksanaksn di sekolah, KKG atau tempat lain yang sesuai peraturan. Seminar minimal dihadiri oleh 15 orang guru dari 3 sekolah. Adapun tujuan pelaksanaan seminar adalah untuk diseminasi hasil penelitian guru. Guru yang telah menulis laporan PTK mempersentasikan karyanya di depan guru yang hadir. Peserta seminar diharapkan terinpirasi untuk melaksanakan perbaikan pembelajaran di kelasnya masing-masing.

Tidak hanya guru saja, kepala sekolah juga harus melaksanakan sebuah penelitian. Kepala sekolah mempunyai posisi strategis. Selain sebagai manajer, kepala sekolah juga menjadi supervisor. Sebagai manajer, kepala sekolah memiliki tanggung jawab dalam mendayagunakan semua sumber daya sekolah untuk mencapai tujuan. Sebagai supervisor, kepala sekolahlah yang bertanggungjawab dalam meningkatkan dan menentukan kualitas pembelajaran guru. Oleh karena itu, kepala sekolah diharapkan dapat memerankan posisi strategisnya guna meningkatkan pendidikan melalui aktivitas peningkatan mengajar guru. Agar peningkatan kemampuan mengajar guru tersebut dapat diopmalkan, maka salah satu cara yang hendaknya dilakukan secara sistematis adalah melakukan penelitian tindakan sekolah (PTS).

Melihat pentingnya penelitian bagi guru dan kepala sekolah, maka Komunitas Guru Penggerak Kabupaten Jembrana melaksanakan Seminar Penelitian Guru/Kepala Sekolah. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk membantu mempublikasikan karya penelitian yang telah dibuat guru/kepala sekolah. Adapun rincian kegiatannya dapat dilihat di bawah ini:
  • Tempat : SDN 3 Dauhwaru, Jalan Pulau Sulawesi, Dauhwaru Kec. Jembrana
  • Tanggal : 28 Oktober 2022
  • Pukul : 13.00 - selesai
  • Link pendaftaran: bit.ly/seminarpendidikanKGP2022
Untuk info lebih lanjut dapat menghubungi Narahubung yang terdapat pada flyer di bawah ini
Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu guru/kepala sekolah yang akan mempublikasikan karya penelitiannya.

Post a Comment for "SEMINAR PENELITIAN GURU/KEPALA SEKOLAH KABUPATEN JEMBRANA TAHUN 2022"