Rapat Kerja Komunitas Guru Penggerak Jembrana 2022

Salam bahagia!

Pendidikan Guru Penggerak adalah program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran. Program ini meliputi pelatihan daring, lokakarya, dan pendampingan. Selama mengikuti pendidikan guru penggerak, guru tetap menjalankan tugasnya sebagai seorang guru di sekolah.
 
Setelah mengikuti pendidikan selama 9 bulan maka terbentuklah Komunitas Guru Penggerak Kabupaten Jembrana. Langkah awal dari kegiatan komunitas adalah melaksanakan Rapat Kerja. Rapat Kerja I Komunitas Guru Penggerak Kabupaten Jembrana Tahun 2022 diadakan di Aula SMP Negeri 2 Negara pada tanggal 7 Oktober 2022. Rapat Kerja I ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Jembrana, Koordinator pengawas jenjang TK-SMP, Ketua MKKS SMA, Ketua MKKS SMP, Ketua K3S, Ketua PKG PAUD se-Kab. Jembrana, Ketua PGRI Kab. Jembrana, Ketua IGTKI Kabupaten Jembrana, Korwil Kec. Bidang Pendidikan se-Kab, Jembrana, serta Koordinator Pengajar Praktik Program Guru Penggerak.

Kegiatan Rapat Kerja I ini tidak lepas dari dukungan Bapak Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Jembrana. Komunitas Guru Penggerak Kab Jembrana periode 2022-2025 sudah terbentuk dengan jumlah anggota 39 orang yang ditetapkan dengan SK Kepala Dinas No. 244/PD/Dikpora/2022.

Sebagai langkah awal dari kegiatan Komunitas Guru Penggerak Kabupaten Jembrana adalah penyusunan AD/ART dan program kerja masing-masing bidang sebagai arah dan landasan untuk optimalisasi kegiatan komunitas kedepannya. Adapun susunan acara dalam rapat kerja I ini yaitu, Pembukaan, Sidang pendahuluan dan Pleno 1 untuk perumusan AD/ADT dan Pleno 2 untuk menyusun program kerja Komunitas Guru penggerak Kabupaten Jembrana.

Dalam penyusunan AD/ART disepakati bahwa komunitas diberi nama Komunitas Guru Penggerak Kabupaten Jembrana yang didirikan pada tanggal 16 Agustus 2022, dan berkedudukan di SMP Negeri 2 Negara. Adapun Visi dari Komunitas Guru Penggerak Kabupaten Jembrana adalah Terwujudnya Merdeka Belajar dan Profil Pelajar Pancasila di Kabupaten Jembrana. Misi Komunitas Guru Penggerak Kabupaten Jembrana, yaitu:
  1. Meningkatkan Profesionalisme guru melalui berbagai kegiatan
  2. Memberikan ruang kepada guru untuk berdiskusi, berinovasi, dan meningkatkan kompetensi
  3. Memfasilitasi program-program yang berdampak pada murid untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila
Selain penyusunan AD/ART dalam rapat kerja juga dibahas mengenai program kerja dari masing-masing bidang yaitu bidang organisasi dan kaderisasi, bidang pengembangan keprofesian dan berkelanjutan guru, bidang komunikasi, publikasi dan dokumentasi, bidang pengembangan program yang berdampak pada murid, serta bidang pengabdian pada masyarakat. Dalam rapat kerja masing-masing bidang menyampaikan program-program unggulannya. Selama penyampaian program kegiatan diskusi berjalan dengan kondusif, banyak masukan-masukan dari peserta yang dapat menyempurnakan program kerja. Kegiatan Rapat Kerja yang awalnya dijadwalkan hingga pukul 14.00 WITA akhirnya selesai pada pukul 16.00 WITA. Rapat Kerja I ini berjalan dengan lancar. Semoga kedepannya kegiatan dari komunitas guru penggerak kabupaten Jembrana dapat berjalan lancar.

Dokumentasi Video:

Post a Comment for "Rapat Kerja Komunitas Guru Penggerak Jembrana 2022"