PANDUAN PENULISAN ARTIKEL DI BLOG KOMUNITAS GURU PENGGERAK KABUPATEN JEMBRANA



Salam Bahagia,
Bapak/ibu hebat semuanya, sesuai dengan komitmen kita bersama dalam memajukan blog komunitas Guru Penggerak Kabupaten Jembrana maka berikut akan kami infokan pedoman penulisan artikel, cara pengiriman artikel (bagi guru dan sekolah serta guru penggerak) sampai mempostingnya di blog tanpa harus dipublikasikan terlebih dahulu. Lebih jelasnya yuk kita simak infonya di bawah ini.

A. PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL
  1. Tema artikel atau tulisan yang dibuat terkait dengan Pendidikan, seperti; kegiatan sekolah, kegiatan komunitas belajar, praktik baik, prestasi sekolah, prestasi guru, prestasi siswa, tokoh pendidikan, tutorial pendidikan, dan sejenisnya.
  2. Artikel atau tulisan minimal memuat 300 kata, rata kiri-kanan, dan harus bersifat original (buah dari pikiran sendiri), bukan plagiat (hasil copy paste di internet). Jika mengambil sumber dari internet harap mencamtumkan sumber dan wajib diparafrase.
  3. Artikel dapat ditulis dengan metode STAR
  4. Jenis huruf yang digunakan adalah Arial
  5. Judul menggunakan huruf besar semua
  6. Menambahkan Subheading, agar pembaca mengetahui poin-poin penting yang ingin disampaikan oleh penulis.
  7. Artikel atau tulisan minimal memuat 1 buah gambar dan di bawahnya diberikan keterangan.
  8. Di akhir Tulisan diisi nama penulis dan asal sekolah

B. PENGIRIMAN ARTIKEL BAGI NON GURU PENGGERAK
  1. Bapak/Ibu dipersilahkan menulis artikel sesuai dengan pedoman yang telah ditetapkan oleh komunitas guru penggerak kabupaten Jembrana
  2. Sebelum artikel di publikasikan, nantinya dari tim editing akan memeriksa tulisan bapak/ibu. Jika sudah dianggap sesuai dengan pedoman komunitas guru penggerak dan tidak mempertentangkan SARA (Suku, Agama, Ras dan Antargolongan) maka langsung akan dimuat dalam blog.
  3. Silahkan bapak/ibu dapat mengirimkan artikel yang telah dibuat DISINI
  4. Silahkan dicek secara berkala artikel bapak/ibu, jika dalam 1 minggu dari pengiriman belum juga dipublikasikan oleh tim. Mohon segera konfirmasi.
C. PENGIRIMAN ARTIKEL BAGI GURU PENGGERAK
  1. Setiap Guru Penggerak wajib menulis minimal 1 artikel/tulisan setiap bulannya.
  2. Artikel dapat diposting secara mandiri di Blogger.com dengan menggunakan akun email pribadi yang telah terdaftar sebagai penulis (bagi guru penggerak yang sudah didaftarkan akunnya).
  3. Artikel/tulisan yang dibuat jangan dipublikasikan terlebih dahulu, cukup disimpan saja. Nanti dari tim editing akan memeriksa tulisan bapak/ibu dan mengatur postingan setiap harinya (bagi guru penggerak yang sudah didaftarkan akunnya).
  4. Batas pengumpulan tulisan/artikel yaitu tanggal 15 di setiap bulannya.
  5. Dewan Redaksi akan memosting 1-2 tulisan/artikel setiap harinya
  6. Bagi bapak/ibu yang mengalami kesulitan di dalam mengunggah tulisan/artikel atau yang ingin mengunggah artikelnya di blog komunitas guru penggerak bisa mengunggahnya dengan mengklik DISINI

C. POSTING ARTIKEL DI BLOG TANPA MEMPUBLIKASIKAN
Bagi bapak/ibu guru penggerak yang sudah didaftarkan emailnya di blog komunitas, bisa menuliskan langsung artikelnya di blog komunitas tanpa mempostingnya terlebih dahulu. Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk memposting artikel di blog tanpa harus mempublikasikannya terlebih dahulu, untuk lebih jelasnya silahkan simak cara berikut.
  1. Silahkan buka Google Crome, kemudian login menggunakan email bapak/ibu yang sudah terdaftar di komunitas guru penggerak kab. Jembrana. Lalu ketikan blog dipencarian google. Klik pencarian pertama yang muncul seperti gambar berikut.

  2. Nanti bapak/ibu akan diarahkan ke beranda blog. Untuk membuat postingan baru, silahkan klik Postingan Baru seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

  3. Nanti akan terlihat seperti di bawah ini, untuk menuliskan judul silahkan ketikan di nomor 1. Agar tulisan rata kiri kanan, silahkan blok tulisan kemudian klik no. 2, untuk memilih jenis huruf (font) klik simbol A seperti yang terlihat pada no. 3
  4. Untuk menambahkan gambar, silahkan klik simbol yang terlihat seperti gambar di bawah ini. Jika gambar tersimpan di komputer/laptop, silahkan klik upload dari komputer. 
  5. Setelah gambar berhasil diunggah, untuk mengatur ukuran gambar silahkan klik gambar yang sudah berhasil diunggah di blog, kemudian klik simbol seperti yang ditunjukkan oleh tanda panah di bawah ini. Nanti akan muncul pilihan "kecil, sedang, besar, sangat besar, dan asli". Silahkan dipilih sesuai selera bapak/ibu
  6. Setelah artikel selesai dibuat, silahkan klik gambar mata (Pratinjau), lalu pilih Simpan seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Demikianlah panduan singkat mulai dari penulisan sampai memposting artikel di blog tanpa harus mempublikasikannya. Selamat mencoba, semoga berhasil.

1 comment for "PANDUAN PENULISAN ARTIKEL DI BLOG KOMUNITAS GURU PENGGERAK KABUPATEN JEMBRANA "