DINAS DIKPORA KABUPATEN JEMBRANA MERAIH PENGHARGAAN DARI BGP PROVINSI BALI

Penyerahan Penghargaan Oleh Kepala BGP Provinsi Bali

Rapat Koordinasi Penguatan Komunitas Belajar pada Satuan pendidikan diselenggarakan pada hari Rabu, 12 April 2023, bertempat di B Hotel & Spa, Kabupaten Badung. Kegiatan ini dihadiri oleh 60 orang perwakilan Disdikpora  Kabupaten/Kota dan Provinsi Bali, terdiri dari Kabid GTK, Kasi Kurikulum, dan Pengawas, yang menjadi sasaran advokasi penguatan komunitas belajar dalam mendukung inplementasi Kurikulum Merdeka. Selain itu Rakor Penguatan Komunitas Belajar kali ini menghadirkan Bapak Putu Yudi Darmawan yang merupakan penggerak komunitas IT Support dari SMP Negeri 1 Sukasada,  dan pembicara yang berasal dari unsur Pengembang Teknologi Pembelajaran BGP Provinsi Bali.

Rapat Koordinasi ini dibuka oleh Kepala BGP Provinsi Bali, Dr. I Wayan Surata, S.Pd., M.Pd. sekaligus memberi arahan kepada seluruh undangan yang hadir. Dalam arahannya, beliau menyampaikan apresiasi atas pencapaian pemerintah daerah dalam mengawal satuan pendidikan untuk melaksanakan pelatihan mandiri dan menyelesaikan topiknya. Persentase tertinggi sebesar 83,84% dicapai oleh Disdik Kabupaten Tabanan dari total 365 sekolah yang telah login di Platform Merdeka Mengajar. Selanjutnya peringkat kedua ditempati oleh Dinas Dikpora Kabupaten Jembrana dengan persentase sebesar 80,89%.

Penghargaan untuk Dinas Dikpora Kab Jembrana

Penghargaan ini merupakan salah satu pencapaian luar biasa bagi Dinas Dikpora Kabupaten Jembrana di tahun 2023. Penghargaan ini diperoleh berkat kerja keras dari semua pihak yang terus berupaya memberikan motivasi dan menyediakan ruang untuk guru dan tenaga kependidikan dalam mengoptimalkan pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM) dan Komunitas Belajar yang ada. 

Ada beberapa langkah strategis yang telah dilakukan oleh Dinas Dikpora Kab. Jembrana dalam upaya pemanfaatan PMM antara lain:

  1. Dinas Dikpora Kab. Jembrana bekerjasama dengan Komunitas Belajar.id, Komunitas Guru Penggerak Kab. Jembrana, GEG Jembrana, dan PGRI Kab. Jembrana melaksanakan berbagai pelatihan dan webinar tentang IKM dan PMM
  2. Membuat Dashboard Aksi Nyata, sehingga guru dapat berbagi aksi nyata dan memudahkan pemantauan dari Kepala Sekolah, Pengawas, dan Dinas Dikpora Kab. Jembrana.
Upaya ini sejalan dengan arahan yang diberikan oleh Bapak Kepala BGP Provinis Bali yang menyatakan bahwa "Kita harus fokus  kepada 3 ide besar Komunitas Belajar, yaitu fokus pada pembelajaran, membudayakan kolaborasi dan tanggung jawab kolektif, dan berorientasi pada hasil, yang pada hal ini adalah pembelajaran murid." Beliau juga menekankan bahwa tiga ide besar ini akan memastikan komunitas belajar berkontribusi menciptakan pembelajaran berkualitas. 

Demikian yang dapat gurupenggerakjembrana.com bagikan tentang penghargaan untuk Dinas Dikpora Kab Jembrana. Semoga bermanfaat dan salam guru penggerak. 

1 comment for "DINAS DIKPORA KABUPATEN JEMBRANA MERAIH PENGHARGAAN DARI BGP PROVINSI BALI"