MENULIS JADI MUDAH DENGAN KERANGKA S-T-A-R


Bagi beberapa orang, menulis mungkin tidak menjadi kegiatan yang familiar dan terasa sulit dalam memulainya. Hal ini bisa menjadi lebih sulit jika seseorang tidak tahu bagaimana memulai atau mengembangkan tulisannya. Jika seseorang tidak memiliki motivasi yang cukup, sulit bagi mereka untuk mulai menulis. Seseorang mungkin merasa tidak tertarik dengan topik yang hendak ditulis atau merasa kurang yakin orang lain akan membaca tulisannya. 

Sesungguhnya tantangan yang dihadapi dalam menulis adalah tidak memiliki waktu untuk mulai menulis. Dari segi topik yang hendak ditulis justru sangat mudah untuk didapat. Sebab seseorang dalam kesehariannya tentu mengikuti atau beraktivitas banyak hal. Artinya mulailah dari topik-topik yang sederhana seperti aktivitas pembelajaran yang dilakukan atau ceritakan sesuai dengan ruang lingkup di bidang pendidikan misal sebagai guru atau kepala sekolah.

Menggali topik dengan mengumpulkan data atau ide seperti mengingat kembali pengalaman yang paling berkesan saat pembelajaran di sekolah. Ingatlah kembali pengalaman saat mengelola sekolah dan melakukan pembinaan kepada guru bagi kepala sekolah atau sesuaikan tergantung peran kita. Ide juga didapat setelah melakukan refleksi seperti tantangan yang pernah dihadapi hingga tindak lanjut serta dampak yang dihasilkan. 

Berbagai cara dalam menentukan ide atau topik telah didapat selanjutnya mulai menyusun dengan kerangka S-T-A-R (Situasi Tantangan Aksi Result dan Refleksi).

Situasi

Menceritakan situasi awal yang meliputi tanggung jawab sebagai anggota komunitas belajar (guru atau kepala sekolah) dan tujuan pendidikan atau pembelajaran yang harus dicapai. 

Tantangan

Bagian yang menceritakan tantangan atau kesulitan yang harus diselesaikan untuk mencapai tujuan tersebut atau mengatasi permasalahan tersebut.

Aksi

Bagian yang menceritakan strategi atau aksi yang dilakukan dan melaksanakan penyesuaian strategi jika ada.

Result (Hasil) dan Refleksi

Bagian yang menceritakan bagaimana reaksi atau hasil dari apa yang dilakukan. Seperti apa dampak dan perubahannya serta pembelajaran apa yang didapatkan setelah merefleksikan proses tersebut.

Menulis senantiasa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan memuaskan. Menulis juga bagian dari berbagi praktik baik yang dapat memberikan pengaruh dan perubahan terhadap orang lain. Pastinya saat menulis tentu dapat merangkum pemikiran, berimajinasi, dan menghasilkan karya yang bisa dibanggakan. Ayo, bergerak untuk mencari motivasi yang tepat, memulai dari topik yang sederhana, mencari rekan untuk berkonsultasi, serta yang terpenting segera tentukan jadwal menulis agar menjadi terbiasa.

Post a Comment for "MENULIS JADI MUDAH DENGAN KERANGKA S-T-A-R"