PERPUSTAKAAN DIGITAL “ PERPUSTAKAAN KITA”

Dunia pendidikan saat ini sedang giat menggerakkan dan menumbuhkan kembali Budaya Literasi. Semua sekolah di seluruh Indonesia diharapkan meningkatkan literasi membaca dan numerasi murid-muridnya. Namun tidak itu saja, seluruh komponen di dunia pendidikan tanpa terkecuali juga diharapkan meningkatkan budaya literasi tersebut. Karena dunia pendidikan merupakan ujung tombak dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Kalangan masyarakat juga diharapkan meningkatkan budaya literasi melalui komunitas-komunitas literasi yang ada.

Hasil dari survei yang dilakukan  oleh Kemdikbudristek bahwa sebagian besar murid sangat rendah dalam kemampuan Literasi, sehingga sangat diharapkan semua sekolah dapat menumbuhkan kembali budaya literasi dengan kemampuan dan potensi yang dimiliki sekolah masing-masing. Mengingat kemampuan setiap sekolah berbeda-beda baik dari sumber daya yang dimiliki, sarana dan prasarana  maupun finansial. Di SMP Negeri 1 Negara sebagai salah satu sekolah favorit di Kabupaten Jembrana, mencoba untuk melihat potensi yang dimiliki dan mengintegrasikan dengan perkembangan teknologi saat ini, yaitu dengan membuat “PERPUTAKAAN DIGITAL”.

Perpustakaan digital
Gambar Beranda Perpustakaan Digital SMPN 1 Negara

Tentunya perpustakaan digital yang dibuat sudah melalui kajian yang sangat matang dengan warga sekolah. Program ini tidak akan berjalan jika tidak ada dukungan dari seluruh warga sekolah terutama oleh murid. Karena sasaran utama dari program ini adalah untuk meningkatkan budaya literasi dikalangan murid. Disini murid dapat mengunjungi laman Perpustakaan Digital dengan alamat atau tautan perpuskita.id/smpn1negara. Siswa dapat mengunjungi laman tersebut dan akan disajikan profil sekolah, profil perpustakaan SMP Negeri 1 Negara. Kemudian murid dapat melihat rekomendasi buku-buku terbaru dan menjadi favorit murid yang tentunya dapat dipinjam. Kemudian murid dapat melihat buku yang paling sering dipinjam dan dibaca, sehingga murid dapat memilih buku yang dipinjam, lama meminjam dan waktu pengembalian buku. Serta dapat juga dilihat berapa sisa buku yang masih tersisa pada perpustakaan. Selanjutnya dalam perpustakaan digital terdapat menu buku-buku terbaru yang dapat dijadikan referensi untuk dibaca yang disediakan pada perpuskita. Ada juga buku terpopuler yang paling sering dicari dan dibaca murid.

Gambar Rekomendasi Buku Perpustakaan Digital SMPN 1 Negara

Dengan adanya salah satu cara ini akan memberikan motivasi pada murid untuk meningkatkan budaya literasi. Jika diwaktu senggang atau libur sekolah murid enggan untuk membaca, maka dengan adanya perpustakaan digital ini kapanpun dan dimanapun murid dapat membaca. Tidak perlu harus ke perpustakaan untuk meminjam buku, tidak perlu membawa buku yang tebal kemana-mana yang dapat merepotkan. Cukup dengan mengunjungi laman perpuskita.id/smpn1negara murid dapat membaca buku yang mereka inginkan.

Mari kita tingkatkan budaya literasi untuk meningkatkan kualitas  pendidikan kita serta menciptakan murid atau insan yang cerdas dalam berkarya dan mengambil keputusan.

Demikian yang dapat kami bagikan tentang Perpustakaan Digital SMP Negeri 1 Negara. Semoga bermanfaat.

Penulis: Ni Ketut Catur Darmiati, S.Pd

Post a Comment for "PERPUSTAKAAN DIGITAL “ PERPUSTAKAAN KITA”"