SD NEGERI 1 DANGINTUKADAYA RAIH JUARA 1 LOMBA BUSANA ADAT KE PURA TINGKAT KABUPATEN

Foto Bersama Juri, Pembina, dan Pemenang Lomba

Sanggar Seni Tari Kasih Alam Negara menggelar lomba Busana Adat ke Pura yang diselenggarakan di Sentral Tenun Jembrana pada tanggal 22 April 2023. Lomba tersebut dibuka hanya untuk peserta didik jenjang SD se-Kabupaten Jembrana. Lomba ini diadakan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik tentang tata cara berbusana ke Pura sesuai dengan norma dan aturan-aturan dalam ajaran agama Hindu. Selain itu juga bertujuan untuk menjaga budaya, adat, dan kearifan lokal.

Lomba Busana Adat ke Pura diikuti oleh 37 pasang peserta yang terdiri dari peserta didik putra dan putri. Lomba tersebut dibagi menjadi dua kategori yaitu kategori A adalah peserta didik kelas 1-3 dan kategori B adalah peserta didik kelas 4-6. Ketentuan dari Lomba Busana Adat ini adalah dengan menggunakan kain endek Bali. Kain endek Bali sering kali digunakan sebagai bahan untuk pakaian tradisional Bali. Kain endek Bali menjadi bagian penting dari warisan budaya Bali dan sering kali digunakan dalam upacara adat dan perayaan keagamaan di Bali. Sehingga SD Negeri 1 Dangintukadaya turut menjadi bagian dari upaya untuk melestarikan budaya dan kearifan lokal Bali.

SD Negeri 1 Dangintukadaya mengirimkan 1 pasang peserta kategori B yang berasal dari kelas 5. Peserta yang mengikuti lomba atas nama I Komang Galih Santa Siddhi Pramana dan Ni Putu Marcia Marcela Krisna Putri. Mereka terpilih karena memiliki potensi dalam bidang berbusana dan tata rias. Mengikuti Lomba ini merupakan pengalaman pertama bagi mereka. Sehingga Tim Satudaya secara kompak membina dan melatih peserta dalam berbusana, make-up, serta keterampilan dalam berjalan di atas catwalk.

Berkat dukungan dari semua pihak dan semangat peserta didik untuk mengikuti lomba ini SD Negeri 1 Dangintukadaya dengan nomor undi 19 berhasil meraih juara 1 Lomba Busana Adat Ke Pura kategori B se-Kabupaten Jembrana. Sebagai bentuk reward atas prestasinya, pemenang mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp. 1.000.000 beserta trofi. Capaian ini tentu menjadi motivasi warga SD Negeri 1 Dangintukadaya untuk selalu belajar dan berlatih guna meraih prestasi baik secara akademik maupun nonakademik.

Penulis: Kadek Meiyani, S.Pd

Post a Comment for "SD NEGERI 1 DANGINTUKADAYA RAIH JUARA 1 LOMBA BUSANA ADAT KE PURA TINGKAT KABUPATEN"