TERWUJUDNYA SEKOLAH RAMAH ANAK MELALUI PROGRAM 5S DI SD NEGERI 4 DAUHWARU

Kepala Sekolah dan Guru Piket Menyambut Kedatangan Siswa di Gerbang Sekolah

SD Negeri 4 Dauhwaru terletak di Jalan Pulau Irian No. 56 Lingkungan Menega, Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana. Saat ini SD Negeri 4 Dauhwaru mulai mengaktifkan kembali pelaksanaan program-program yang berdampak pada siswa, salah satunya Program 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun). Program ini dilaksanakan oleh seluruh warga sekolah. Program 5S di SD Negeri 4 Dauhwaru pelaksanaannya sudah terlihat saat warga sekolah memasuki gerbang sekolah. Pagi hari guru piket dan kepala sekolah datang lebih awal untuk berdiri di depan gerbang sekolah menyambut warga sekolah yang datang ke sekolah. Kegiatan menyambut warga sekolah yang dilaksanakan oleh guru piket dan kepala sekolah diawali dengan senyum, saling memberikan salam, dan saling sapa menanyakan kabar tentunya dengan sopan dan santun.
Guru Piket Menunggu Kehadiran Siswa di depan Pintu Gerbang Sekolah

Pada kegiatan ini kepala sekolah, guru, dan staf adalah kunci dalam menyukseskan pelaksanaan program 5S, sesuai dengan semboyan Bapak Ki Hadjar Dewantara yaitu Ing Ngarso Sung Tulodo (memberikan contoh/teladan kepada murid), Ing Madya Mangun Karso (memberikan semangat dan motivasi kepada murid), dan Tut Wuri Handayani (memberikan dorongan kepada murid). Kepala sekolah, guru, dan staf SD Negeri 4 Dauhwaru tentu harus membiasakan diri terlebih dahulu dalam melaksanakan 5S ini sehingga nantinya mampu menjadi contoh bagi para murid.
Guru Piket Menyambut Kedatangan Siswa dengan Salam 

Pelaksanaan program 5S ini selain berdampak pada semua warga sekolah, juga memberikan dampak kepada orang tua murid SD Negeri 4 Dauhwaru. Menyambut warga sekolah dengan senyum tentu akan membuat warga sekolah dan orang tua murid merasa senang, nyaman, dan aman untuk memasuki lingkungan sekolah. Memberikan salam dan saling menyapa dengan ramah akan membuat warga sekolah serta orang tua murid menjadi semakin akrab serta meningkatkan rasa kekeluargaan yang sudah terjalin. Dalam mengucapkan salam dan saling menyapa tersebut juga ditanamankan sikap sopan dan santun pada warga sekolah maupun orang tua murid. 

Program 5S ini, mulai aktif dilaksanakan semenjak pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas dan berkelanjutan sampai sekarang. Awal pelaksanaan program ini memang terasa berat, karena harus datang lebih awal dari warga sekolah lainnya namun dengan semangat dan komitmen dari kepala sekolah, guru, dan staf, program ini pun dapat terlaksana sampai sekarang secara konsisten. Program 5S ini merupakan salah satu penanaman budaya positif bagi warga sekolah, karena dapat mendukung penanaman karakter baik pada murid. Murid akan terbiasa berkata dan perilaku yang baik antar sesama murid, maupun dengan orang lain. Sehingga program 5S ini dapat mendukung terwujudnya sekolah ramah anak di SD Negeri 4 Dauhwaru.

Penulis: Ida Ayu Putu Adnyaningsih

7 comments for "TERWUJUDNYA SEKOLAH RAMAH ANAK MELALUI PROGRAM 5S DI SD NEGERI 4 DAUHWARU"

  1. Program yang sangat menginspirasi

    ReplyDelete
  2. SD NEGERI 4 DAUHWARU luar biasa 👏👏

    ReplyDelete
  3. Program sekolah berjalan lancar karena semangat dan komitmen semua warga sekolah

    ReplyDelete
  4. Luar biasa komitmen seluruh warga sekolah, semoga terus bisa berkelanjutan untuk mewujudkan budaya positif sekolah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Astungkara program ini berkelanjutan....ayo coba diterapkan di sekolah Bu Desak

      Delete