ToT Cinta Bangga Paham Rupiah, Bupati Jembrana : Cinta Rupiah Penting Untuk Nasionalisme

Bupati Jembrana, I Nengah Tamba,SH. MM menghadiri acara Training of Trainers (ToT) Cinta Bangga Paham Rupiah Guru Penggerak oleh Bank Indonesia bertempat di Universitas Triatma Mulya Jembrana, Rabu (18/09/2024).

JEMBRANA – Dalam menanamkan rasa cinta dan bangga terhadap mata uang rupiah kepada generasi penerus bangsa, Bupati Jembrana, I Nengah Tamba,SH. MM menghadiri acara Training of Trainers (ToT) Cinta Bangga Paham Rupiah Guru Penggerak dan Cash Handler oleh Bank Indonesia bertempat di Universitas Triatma Mulya Jembrana, Rabu (18/09/2024).

Dalam acara tersebut, Bupati Jembrana menyerahkan Komitmen bersama Akselerasi Perluasan Edukasi Cinta Bangga dan Paham Rupiah Melalui Bahan Ajar di Kabupaten Jembrana kepada Advisor Kantor Perwakilan BI Provinsi Bali. Bupati menekankan bahwa pengenalan rupiah kepada guru penggerak adalah penting dengan harapan nantinya akan disosialisasikan kepada peserta didiknya agar lebih cinta rupiah.

Bupati Jembrana, I Nengah Tamba,SH. MM juga mengatakan bahwa "Rupiah dimata Dunia dikenal dengn IDR, mencitai mata uang rupiah dengan cara bertransaksi menggunakan mata uang rupiah dalam kehidupan sehari - hari."

“Cinta rupiah ini penting karena bagian dari nasionalisme dan semangat kita, kemudian undang-undang tentang uang yang sah untuk transaksi yaitu dengan rupiah. Kedepan guru penggerak ini akan sampaikan kepada peserta didiknya tentang penggunaan rupiah,” jelasnya.

Advisor Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Ibu Butet Linda H. Panjaitan juga mengatakan bahwa "Masyarakat Indonesia mulai dari Tingkat SD, SMP hingga SMA/SMK serta Masyarakat umum harus paham tentang rasa cinta dan bangga terhadap mata uang rupiah. Bertransaksi di era digital saat ini dimudahkan dengan adanya QRIS, QRIS juga dapat digunakan lintas negara baik di Thailand maupun Malaysia."

“Masyarakat harus memahami bahwa rupiah tidak hanya sebagai alat pembayaran yang sah, tetapi juga simbol kedaulatan negara dan alat pemersatu bangsa. Rupiah juga sangat mempengarungi terhadap stabilitas perekonomian dan terhadap ketahanan nasional tentunya. Jadi harapannya dengan TOT ini Masyarakat luas dapat lebih memahami makna rupiah yang sesungguhnya,” tambahnya.

​Cinta Rupiah merupakan perwujudan dari kemampuan Masyarakat untuk mengenal karakteristik dan desain Rupiah, memperlakukan Rupiah secara tepat, dan menjaga dirinya dari kejahatan uang palsu.

3 Cinta Rupiah, yaitu Mengenali, Merawat, Menjaga. Bangga Rupiah sebagai Identitas dan Simbol Bangsa. Bangga Rupiah merupakan perwujudan dari kemampuan ​Masyarakat memahami rupiah sebagai alat pembayaran yang SAH, simbol kedaulatan NKRI, dan alat pemersatu bangsa.

3 Bangga Rupiah sebagai Simbol Kedaulatan, Pembayaran yang SAH, Pemersatu Bangsa. Paham Rupiah sebagai Fungsi Rupiah dalam Perekonomian​​, paham Rupiah merupakan perwujudan kemampuan Masyarakat memahami peran R​upiah dalam peredaran uang, stabilitas ekonomi, dan fungsinya sebagai alat penyimpan nilai kemampuan.

3 Paham Rupiah yaitu paham dalam Bertransaksi, Berbelanja, Berhemat.(suya.red)

Post a Comment for "ToT Cinta Bangga Paham Rupiah, Bupati Jembrana : Cinta Rupiah Penting Untuk Nasionalisme"